09 Jan 2022
Manfaat Akuntansi Bagi Bisnis Ukm Indonesia Dalam Meningkatkan Omset Penjualan

Akuntansi atau accounting merupakan sebuah kegiatan yang tidak bisa dipisahkan dari kegiatan manusia sehari-hari, khusus nya dalam dunia bisnis. Dalam Bahasa inggris accounting, yang artinya menghitung, namun orang yang melakukan kegiatan akuntansi tersebut dengan akuntan.
Pentingnya akuntansi bagi UKM yaitu mencatat pengeluaran maupun pendapatan agar semua yang dilakukan dapat tercatat secara jelas dan Anda juga dapat melihat dan melakukan Analisa terhadap perkembangan usaha tersebut, selain itu masih banyak manfaat lainnya yang dapat dirasakan apabila Anda sudah memiliki laporan keuangan. Karena itu akuntansi memang sangat diperlukan untuk kalangan pengusaha atau UKM.
Berikut Manfaat Akuntansi Bagi Bisnis UKM Indonesia Dalam Meningkatkan Omset Penjualan :
1. Menghitung Arus Keuangan
Ini merupakan manfaat yang cukup penting dimana saat Anda mengetahui arus keuangan, maka Anda dapat mengambil keputusan secara lebih baik. Dengan memiliki catatan yang sesuai dengan standar akuntansi, semua arus keuangan akan tercatat secara secara lengkap seperti jumlah modal yang sudah terpakai, modal yang belum digunakan, jumlah utang, jumlah keuntungan dan sebagainya.
2 Sebagai Perencanaan
Perencanaan sangatlah penting bagi jalannya suatu usaha terutama untuk usaha yang sudah cukup besar. Hal ini dilakukan untuk mengoptimalkan biaya yang dimiliki dan juga sebagai perencanaan. Sebagai contoh pada saat Anda melakukan pencatatan untuk usaha tertentu Anda dapat melihat jalannya usaha melalui pencatatan yang telah dilakukan. Karena itu, Anda dapat merencanakan langkah selanjutnya untuk meningkatkan usaha dari pencatatan yang telah Anda lakukan.
3. Memudahkan untuk Melakukan Pinjaman
Bila usaha Anda berkembang cukup pesat, tentunya Anda membutuhkan dana tambahan ataupun jasa di dalam produksi agar usaha Anda terus meningkat. Dengan adanya pencatatan akuntansi yang anda miliki, tentunya ini akan mempermudah Anda untuk dapat mengajukan pinjaman bank.
Karena pada saat mengajukan pinjaman melalui bank, biasanya salah satu persyaratannya adalah laporan keuangan yang harus lengkap. Hal ini cukup penting mengingat, bank tersebut perlu mengetahui arus keuangan dari jalannya usaha Anda.
4. Sebagai Pengambilan Keputusan
Dengan adanya pencatatan akuntansi, Anda dapat mengambil suatu keputusan dalam usaha yang anda jalankan. Sehingga dengan adanya keputusan ini, Anda dapat menentukan keputusan yang tepat untuk usaha yang Anda miliki.
Itu beberapa Manfaat Akuntansi Bagi Bisnis UKM Indonesia Dalam Meningkatkan Omset Penjualan. Anda juga dapat menggunakan software akuntansi akuntans.id untuk memudahkan Anda dalam pencatatan akuntansi.
Dengan menggunakan software akuntansi, proses akuntansi yang Anda lakukan akan berjalan lebih baik dan mudah. Karena saat ini sudah banyak perusahaan yang mulai mengandalkan software akuntansi yang harganya cukup terjangkau untuk mengelola laporan keuangan dan lainnya.
Akuntans / Akuntans.id ditujukan untuk bisnis UKM (Usaha Kecil Menegah). Kelebihan Platform ini terletak pada kemudahan untuk kustomisasi sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Selain itu, sistem akuntansi ini tak memiliki batasan pengguna.
Fitur yang dimiliki accounting software ini antara lainnya adalah memudahkan pengelolaan arus kas (cash flow) & pembuatan laporan keuangan dalam satu klik. Fitur lainnya yakni pembuatan faktur, manajemen stok, manajemen tugas tim Anda.
Daftar segera untuk mengetahui lebih banyak informasi terkait layanan yang kami tawarkan atau hubungi kami untuk mendapatkan demo gratis.