coba@akuntans.com +62217899148

Aplikasi Akuntansi Bisnis Masakini

Aplikasi Kasir Lengkap Kelola Bisnis Jadi Maju

07 Nov 2021

3 Tips Strategi Pemasaran Produk Jitu Dan Berkarakter

3 Tips Strategi Pemasaran Produk Jitu Dan Berkarakter

Strategi pemasaran produk terbaik adalah strategi pemasaran yang dijalankan sesuai dengan karakter produk serta bisnis itu sendiri. Jika tidak, dikhawatirkan akan muncul risiko yang dapat menyebabkan tujuan dari kegiatan pemasaran itu sendiri tidak tercapai atau tidak sesuai dengan goals yang diharapkan.

Padahal, setiap aktivitas bisnis, seperti kegiatan pemasaran produk, tentunya membutuhkan beragam modal operasional. Apabila biaya yang dikeluarkan kemudian tidak bisa dikembalikan, maka bisa dipastikan bisnis tersebut akan mengalami kerugian, bukan?

3 Tips Strategi Pemasaran Produk Jitu dan Berkarakter

Mengapa, para pelaku usaha perlu mengenali karakter produk yang dimiliki oleh produk maupun jasa yang akan dipasarkan? Apakah langkah-langkah ini hanya perlu dilakukan oleh bisnis besar saja, atau sebaiknya dilakukan juga oleh pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah?

Kaitan Antara Produk dan Strategi Pemasaran

Sebagian besar orang menganggap jika kegiatan pemasaran dan penjualan itu  sama, namun kenyataannya kedua kegiatan ini sangatlah berbeda.

Efek dari aktivitas pemasaran tidak dapat dinikmati secara langsung, namun berbeda halnya dengan aktivitas penjualan yang dapat langsung mengubah angka pada keuangan bisnis. Hal ini karena sifat kegiatan pemasaran bertujuan untuk mendorong penjualan.

Kegiatan promosi atau iklan merupakan bentuk kegiatan pemasaran. Produk atau jasa tersebut akan dikatakan berhasil jika banyak dibicarakan orang dengan nada positif, sehingga orang-orang tertarik untuk membeli. Nah, di sinilah pentingnya pemahaman produk atau jasa yang ingin dipasarkan.

Tanpa mengenali terlebih dahulu seperti apa karakter dari produk atau jasa tersebut, maka kegiatan pemasaran yang disusun pun akan menjadi tidak terarah. Inilah mengapa perlu dilakukan riset terlebih dahulu sebelum menyusun suatu strategi maupun rencana pemasaran.

Kini Tak Lagi untuk Bisnis Besar Saja

Jelas sekali, untuk bisnis besar ataupun kecil wajib mempersiapkan dengan matang strategi pemasaran produk. Setiap pelaku usaha yang berkeinginan untuk meningkatkan angka penjualan serta brand awareness, tentunya perlu melakukan kegiatan pemasaran sesuai kebutuhan.

Selama ini strategi pemasaran produk hanya dilakukan oleh bisnis-bisnis besar saja karena terkait besaran modal yang dibutuhkan untuk melakukan aktivitas ini. Namun, dengan hadirnya media sosial serta platform digital lain, modal yang dibutuhkan untuk melakukan kegiatan pemasaran pun dapat ditekan dengan cakupan jangkauan yang tak kalah besar.

Oleh karena itu, kini pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah pun tetap dapat melakukan kegiatan pemasaran meski modal yang dimiliki mungkin tidak terlalu besar. Misalnya saja dengan menyewa jasa influencer atau mempromosikan produk atau jasa bisnis yang dimiliki melalui di akun media sosial; lalu memanfaatkan kekuatan promosi dari mulut ke mulut.

Meski kegiatan pemasaran sudah semakin mudah dengan berbagai produk teknologi terkini, bukan berarti implementasinya dapat dilakukan sembarangan. Kunci sukses tidaknya pemasaran adalah pemahaman karakter atau sifat dari produk dan jasa yang ingin dipasarkan.Misalnya saja, ketika ingin melakukan kegiatan pemasaran dengan menyewa jasa influencer, pelaku usaha yang tak mengenal benar produknya akan asal pilih influencer berdasarkan popularitasnya, bukan niche yang dibangun oleh influencer tersebut. Imbasnya, produk dan jasa yang dipasarkan tidak ada peningkatan penjualan yang signifikan.

Sebenarnya Dapat Dilakukan dengan Mudah

Dari penjabaran di atas, mungkin kamu akan merasa sulit untuk mengaitkan produk atau jasa yang dimiliki dengan strategi pemasaran produk yang ingin dijalankan. Namun, sebenarnya tak sulit untuk memasukkan karakter dari setiap produk yang ingin ditawarkan ke dalam strategi tersebut.

Pertanyaan 5W+1H tentu bukan barang baru untukmu, bukan? Selain kerap diulang saat duduk di bangku sekolah tersebut, keenam pertanyaan ini juga kerap menjadi landasan dalam setiap keputusan bisnis; termasuk ketika kamu sedang menyusun strategi untuk memasarkan produkmu.

Tanyakan terlebih dahulu, apa saja produk yang ingin dipasarkan? Di mana kamu ingin memasarkan produk tersebut? Kapan waktu terbaik untuk melakukan kegiatan pemasaran produkmu? Siapa target pasar yang ingin kamu tuju dengan produkmu? Mengapa kamu membutuhkan kegiatan pemasaran untuk produk tersebut? Barulah kamu bisa mulai bertanya bagaimana cara terbaik untuk memasarkan produk ini?

Untuk menjawab setiap pertanyaan tersebut, mau tak mau kamu harus memahami dengan benar karakter dari produk yang kamu miliki atau jasa yang ingin kamu tawarkan. Meski “bisnis tetaplah bisnis”, namun pelaku usaha yang asal menjual dan memasarkan produk tentu tidak akan memperoleh pendapatan bisnis yang optimal dibanding pelaku usaha yang memang benar-benar memahami apa yang ingin dia jual.

Jangan sampai kegiatan pemasaran yang dilakukan hanya berakhir menjadi beban pengeluaran tambahan yang akan memberatkan bisnismu tanpa ada efek yang lebih signifikan terhadap pemasukan bisnis hanya karena kamu asal melakukan kegiatan penjualan serta pemasaran. Tak ada salahnya untuk berhenti sejenak dan mencoba mengenali karakter produk serta jasa yang ingin kamu pasarkan, dan mencari strategi terbaik untuk memasarkannya.

Tak perlu takut, kamu juga dapat memanfaatkan berbagai fitur yang dimiliki aplikasi Akuntans untuk melakukan pengelolaan bisnis, termasuk untuk mendata persediaan setiap produk dan jasa yang kamu miliki. Aplikasi Akuntans juga dilengkapi dengan sistem kategori produk dan sales channel yang memudahkanmu dalam menyusun promo terbaik yang sesuai dengan karakter bisnismu,kamu bisa mencobanya gratis dengan mendaftar di www.akuntans.id

Blog Inspiratif Terkait

Akuntansi Punya 3 Tujuan Yang Bermanfaat Untuk Bisnis Kamu [akuntans Daily]
Akuntansi Punya 3 Tujuan Yang Bermanfaat Untuk Bisnis Kamu [akuntans Daily]

07 Aug 2021

Aplikasi Kasir Tak Terpisahkan Dari Siklus Akuntansi Bisnis - Pos No.1
Aplikasi Kasir Tak Terpisahkan Dari Siklus Akuntansi Bisnis - Pos No.1

07 Aug 2021

Chart Of Account (bagan Akun) Dalam Klasifikasi Sistem Kode Akun Akuntansi 2021
Chart Of Account (bagan Akun) Dalam Klasifikasi Sistem Kode Akun Akuntansi 2021

07 Aug 2021

Bisnis Sukses Di 2021 Makin Mudah Dengan 11 Aplikasi Bisnis Ini
Bisnis Sukses Di 2021 Makin Mudah Dengan 11 Aplikasi Bisnis Ini

07 Aug 2021

Tugas Kasir Jaman Now Luar Biasa Cerdas
Tugas Kasir Jaman Now Luar Biasa Cerdas

05 Nov 2021

6 Rekomendasi Program Aplikasi Keuangan Terbaik Untuk Bisnis Di Tahun 2022
6 Rekomendasi Program Aplikasi Keuangan Terbaik Untuk Bisnis Di Tahun 2022

11 Nov 2021

Manfaat Akuntansi Bagi Bisnis Ukm Indonesia Dalam Meningkatkan Omset Penjualan
Manfaat Akuntansi Bagi Bisnis Ukm Indonesia Dalam Meningkatkan Omset Penjualan

09 Jan 2022

Cara Mudah Membuat Rekap Penjualan Menggunakan Google Sheets
Cara Mudah Membuat Rekap Penjualan Menggunakan Google Sheets

12 Jan 2022

Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memulai Bisnis Baru
Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memulai Bisnis Baru

16 Jan 2022

Cara Meningkatkan Omset Penjualan Paling Ampuh
Cara Meningkatkan Omset Penjualan Paling Ampuh

19 Jan 2022

Cara Menghadapi Persaingan Usaha
Cara Menghadapi Persaingan Usaha

22 Jan 2022

Pentingnya Melakukan Promosi Produk Dalam Dunia Bisnis
Pentingnya Melakukan Promosi Produk Dalam Dunia Bisnis

24 Jan 2022

Pentingnya Cara Mengelola Stock Barang Bagi Ukm
Pentingnya Cara Mengelola Stock Barang Bagi Ukm

27 Jan 2022

Cara Menentukan Waktu Yang Tepat Untuk Memulai Bisnis
Cara Menentukan Waktu Yang Tepat Untuk Memulai Bisnis

31 Jan 2022

Manfaat Perkembangan Teknologi Dalam Meningkatkan Bisnis Umkm
Manfaat Perkembangan Teknologi Dalam Meningkatkan Bisnis Umkm

04 Feb 2022

Cara Menentukan Jenis Usah Yang Tepat Bagi Pemula
Cara Menentukan Jenis Usah Yang Tepat Bagi Pemula

09 Feb 2022

Cara Mudah Mengembangkan Bisnis Online Untuk Pemula
Cara Mudah Mengembangkan Bisnis Online Untuk Pemula

13 Feb 2022

Cara Mencari Mitra Bisnis Yang Tepat Untuk Menunjang Keberhasilan Usaha
Cara Mencari Mitra Bisnis Yang Tepat Untuk Menunjang Keberhasilan Usaha

23 Feb 2022

Cara Mengembangkan Bisnis Menggunakan Tiktok Shop
Cara Mengembangkan Bisnis Menggunakan Tiktok Shop

04 Mar 2022

Cara Mengelola Modal Usaha Agar Bisnis Tetap Lancar
Cara Mengelola Modal Usaha Agar Bisnis Tetap Lancar

18 Mar 2022